Pencak Silat Tenaga Dasar

0

Pencak Silat Tenaga Dasar (PSTD) lahir dari sebuah beladiri kuno yang bernama Kateda, yaitu aliran beladiri yang didirikan oleh biksu dari Tibet bernama Tagashi yang kemudian mengembara sampai gunung Bromo. Pada tahun 1984 cabang Kateda didirikan di Bandung oleh Jimmy Thaibsyah dan berkembang pesat di daerah Jawa Barat. Seiring perkembangannya, terjadi perbedaan-perbedaan prinsip di antara pemimpin Kateda dari berbagai daerah. Karena hal itu, Jimmy Thaibsyah memisahkan diri dari induk perguruannya dan mendirikan perguruan baru di Indonesia bersama Rosano Barack dan Bambang Trihatmodjo dengan Mayor Jendral TNI Arie Soedewo sebagai pelindung. Perguruan tersebut diberi nama Kesatuan Aliran Tenaga Dasar (KATEDA) Indonesia.

Pada tahun 1991 dalam RAKERNAS, KATEDA Indonesia ingin mencerminkan jati dirinya sebagai aliran Pencak Silat, maka namanya diubah menjadi Pencak Silat Tenaga Dasar (PSTD) Indonesia.

Sampai saat ini PSTD berupaya mengembangkan dirinya dengan sistem keilmuan bersama atau tidak berdasar pada guru besar dan banyak belajar dari perguruan-perguruan Pencak Silat lain dibawah naungan PB IPSI. PSTD berkembang di Indonesia dengan pesat dan mendirikan cabang di berbagai daerah.

Tokoh-tokoh dalam PSTD :

  1. Jimmy Thaibsyah
  2. Rosano Barack
  3. Bambang Trihatmodjo
  4. Jendral Arie Soedewo
  5. Haryadi Anwar

 

Tingkatan Sabuk:

  1. Putih                5.   Coklat
  2. Kuning            6.   Coklat Strip
  3. Hijau               7.   Hitam
  4. Biru                 8.   Merah ( Pelatih I-VII)

 

Sistem Latihan :

–          Penggabungan antara pernafasan dan konsentrasi.

–          Menggunakan dua bentuk latihan, yaitu latihan tehnik dan latihan fisik.

 

Prestasi yang pernah diraih yaitu juara Jawa-Bali, kejuaran Intern dan kejuaraan pertandingan bebas dengan beladiri lain. Selain itu, PSTD juga sering mengadakan kegiatan tradisi seperti kenaikan tingkat dan latihan gabungan dengan perguruan dan beladiri lain.

Dalam perkembangannya saat ini juga membuka cabang di luar negeri yaitu Malaysia dan London. Semoga dengan adanya kemajuan Pencak Silat di dalam sampai luar negeri dapat memberikan keharuman nama tradisi dan budaya bangsa Indonesia. Pencak Silat Jaya…