Padepokan, Rumah Pencak Silat

0

Tak terasa sebentar lagi sudah dua tahun Paseduluran Angkringan Silat berdiri dan berkiprah. dari sekedar hanya sekumpulan penggiat pencak silat Yogyakarta yang berkumpul demi kecintaan terhadap pencak silat hingga menjadi sebuah komunitas yang mampu mengumpulkan para pecinta pencak silat dari berbagai daerah hingga para pecinta dari mancanegara di dalam sebuah event gathering pencak silat terbesar di dunia.

Sejak awal berdirinya Paseduluran Angkringan Silat tidak pernah lepas dari peran Padepokan PERPI Harimurti. Padepokan tersebut seakan menjadi saksi bisu bertumbuhnya komunitas pelestari seni dan budaya pencak silat ini. Padepokan salah satu perguruan tertua di Yogyakarta ini juga kerap menjadi tujuan para penggiat pencak silat dari luar daerah, dari sekedar bersilaturahmi hingga “numpang” latihan di sana.

Padepokan yang beralamat di jalan veteran ini bisa dibilang adalah bangunan bersejarah yang menjadi saksi serta pelaku perkembangan pencak silat di Yogyakarta maupun Indonesia.

Terdengar kabar sedih akhir – akhir ini bahwa padepokan yang sejarahnya juga adalah rumah Bpk Sukowinandi, pendiri PERPI Harimurti dan salah satu penggagas Ikatan Pencak Silat Indonesia ini sedang dalam proses penjualan oleh pemiliknya.

Sebuah keinginan lalu terbersit di dalam hati setiap penggiat pencak silat, terutama di Yogyakarta. Padepokan yang bersejarah ini harusnya bisa dilindungi sebagai bangunan bersejarah pencak silat, dan bisa terus di fungsikan sebagai pusat pelatihan dan pengembangan pencak silat. Akan tetapi masalah terbesar kembali lagi kepada dana, bagaimanakah cara mendapatkan dana untuk mengambil alih padepokan tersebut dan untuk pengelolaannya.

Kemudian satu hal yang paling penting adalah, ternyata Yogyakarta sebagai salah satu kota yang berperan penting terhadap perkembangan pencak silat belum mempunyai padepokan khusus Pencak Silat. Sebuah padepokan pusat dimana pengembangan dan kegiatan pencak silat di pusatkan. Selama ini hanya berlatih di tempat perguruan masing – masing atau di ruang – ruang publik.

Padepokan adalah rumah, tempat dimana pencak silat bermuara, tempat dimana ilmu dikembangkan. Semoga hal ini mendapat perhatian penuh dari penggiat pencak silat.

 

This slideshow requires JavaScript.