Rancak Pencak

0


Rancak Pencak (Pencak Dalam Flashmob). Sebuah persembahan dari Paseduluran Angkringan Silat yang didukung oleh Tangtungan Project dan WhanyD Project. Sebuah koreografi pencak dan seni pertunjukkan yang di kemas dalam bentuk flashmob telah dilaksanakan dengan luar biasa pada hari Senin 23 Desember 2013 di Ambarukmo Plaza, Yogyakarta

Acara ini diawaki oleh para pesilat dari 10 perguruan : Tapak Suci, Persinas ASAD, PERPI Harimurti, POPSI, Perisai Diri, CEPEDI, PSTD, Reti Ati, Inti Ombak, Setia Hati Terate, Tunggal Hati Seminari. Rancak Pencak ini juga menunjukkan berbagai generasi pencak silat mulai dari anak – anak usia Sekolah Dasar yang merupakan peserta terbanyak, hampir 80%, hingga sesepuh sudah berusia diatas 70 tahun namun masih piawai dan terampil berakrobat dan memainkan senjata tongkat panjang.

Pertunjukkan yang berlangsung kurang lebih 4 menit ini terasa sangat luar biasa sekali, terutama dirasakan oleh para peserta. Latihan khusus selama dua bulan menerjang hujan yang tidak berhenti mengguyur kota Yogyakarta semua terbayar oleh acara puncak yang sangat spektakuler.

Dalam acara yang diadakan dan difasilitasi oleh Ambarukmo Plaza ini juga terlihat banyak media yang tertarik untuk meliput, antara lain : kantor berita ANTARA, Metro TV, Indosiar, TV One, TVRI Jogja, TATV, RBTV, Kedaulatan Rakyat, Harian Jogja, Tribun, Radar Jogja, Suara Merdeka, Bernas Jogja, Tabloid Target Online, Merapi, radio UNISI Jogja.

Paseduluran Angkringan Silat beserta Tangtungan Project tidak pernah berhenti melakukan inovasi – inovasi dalam usaha pelestarian dan promosi Pencak Silat.

Terima kasih banyak kepada para sahabat pendukung acara ini, Team Paseduluran Angkringan Silat, Tangtungan Project, Mas Whanny Dharmawan dengan WhanyD Project-nya sebagai sutradara pertunjukkan ini, Mas Suryo dan Ariez Arcy sebagai koreografer pencak, Mas jito dan Mas Dwikoen beserta angkringan sastronya yang telah dengan luar biasa membantu dalam publikasi dan dokumentasi, Teman – teman team fotografi dan Video Pencak Silat Paseduluran Angkringan Silat yang terdiri dari beberapa perguruan : Margaluyu, Setia Hati Teratai, Perisai Diri, Inti Ombak. Tak lupa terima kasih banyak juga kami sampaikan kepada Mas Sigit Reco gupolo dengan warung Lombok Ijo – Lombok Abangnya yang telah menyediakan konsumsi bagi para peserta dan wartawan. Dan pastinya pihak Ambarukmo Plaza yang telah membantu usaha pelestarian pencak silat budaya ini.

Salam Paseduluran, Jayalah Pencak Silat….

This slideshow requires JavaScript.