Seri Wisata Pencak Nusantara : Noeryanto A Dhipuro

1

Noeryanto A Dhipuro , Guru perguruan Bayu Suci dan Master NLP

photoManusia merupakan susunan fisik (raga), pikiran (akal ) dan jiwa (mental/spiritual), oleh karena itu manusia sehat ketika ketiga bagian itu selaras dan seimbang. Pikiran sehat tercermin dari cara dan jalan berpikir, Emosionalsehat tercermin dari kemampuan seseorang untuk mengekspresikan emosinya, misalnya takut, gembira, kuatir, sedih dan sebagainya. Spiritualsehat tercermin dari cara seseorang dalam mengekspresikan rasa syukur, pujian, kepercayaan dan sebagainya terhadap sesuatu di luar alam fana ini, yakni Tuhan Yang Maha Kuasa. Misalnya sehat spiritual dapat dilihat dari praktik keagamaan seseorang. Dengan perkataan lain, sehat spiritual adalah keadaan dimana seseorang menjalankan ibadah dan semua aturan-aturan agama yang dianutnya. Dalam mencapai keselarasan dan keseimbangan olah fisik, olah pikiran dan olah jiwa menjadi sesuatu yang niscaya.

Keluarga Bayu Suci sebagai lembaga independen hadir dengan konsep keselarasan dan keseimbangan fisik, pikiran, dan jiwa. Untuk mencapai itu, perguruan ini memadukan keilmuan klasik dan modern, seperti silat fisik, jurus pernafasan, meditasi, spiritual serta membekali murid-muridnya dengan NLP dan Hypnosis.

Kenapa keluarga? Karena Bayu Suci bukan hanya orang-orang yang berkumpul dalam satu wadah semata, namun orang-orang ini diikat dengan pengertian dan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki, esensial dan berkehendak bersama-sama memperteguh gabungan itu untuk memuliakan masing-masing anggotanya.

pencak silatAtas dasar melestarikan ajaran dan keilmuan keluarga serta menciptakan generasi yang intelek dan mencintai seni, Noeryanto A. Dhipuro mendirikan perguruan ini pada tanggal 06 Juni 2006 di ( 06/06/06 ) Semarang. Tanggal ini juga bertepatan dengan tanggal lahir tokoh nasional pendiri bangsa yaitu Soekarno, ia adalah sosok idola dan panutan guru besar dan pendiri perguruan ini dalam hal spiritual dan intelektual. Angka enam pada tanggal, bulan dan tahun jika ditambahkan berjumlah delapan belas, delapan belas adalah pecahan dari tujuh belas ditambah satu. Tujuh belas adalah jumlah shalat wajib tiap hari sedangkan satu sebagai symbol individu yang menghamba kepada Tuhan. Oleh karena itu, ilmu-ilmu yang diajarkan di Bayu Suci sebagai penopang untuk mencapai tatanan spiritual yang lebih tinggi. Selaras dengan tujuan penciptaan manusia yaitu untuk menghamba kepada Tuhan.

Aliran silat dan beberapa keilmuan di Bayu Suci banyak dipengaruhi dari Makasar dan Ponorogo, ini dikarenakan pendiri merupakan keturunan dari dua daerah tersebut. Dari wengker (ponorogo) ia mewarisi jurus klasik singo barong dan songgo langit. Sedangkan dari makasar ia lebih banyak mewarisi jurus-jurus pernafasan. Adapun background pesantren pendiri memberikan sentuhan pendidikan dengan model klasik dengan bungkusan modern.

Salah satu tolak ukur pembelajaran ditentukan dengan tingkatan anggota. Pertama Murid Luar, yaitu anggota yang datang untuk belajar ilmu sesuai kebutuhan, kedua Murid Dalam yaitu anggota yang terdaftar dan belajar sesuai kurikulum, ketiga Murid Keluarga yaitu anggota yang memiliki spesialisasi keilmuan tertentu dan diberi kewenangan untuk mengembangkan keilmuan diluar organisasi. Sekarang Bayu Suci semakin berkembang di Kota Malang dalam bimbinga GURU Noeryanto A Dhipuro.

arisan pencak silatNoeryanto A. Dhipuro adalah seorang Spiritualits dan juga praktisi Hypnosis serta Neuro –Linguistic Programming (NLP ) yang melintasi berbagai disiplin pengetahuan pemberdayaan diri, mulai dari pemberdayaan pikiran sampai dengan pemberdayaan spiritual. Terhitung  sejak Kelas 4 SD Noeryanto A. Dhipuro sudah bersentuhan dengan dunia spiritual dan pemberdayaan walau masih menggunakan pendekatan tradisional seperti Pesantren da Padepokan.

Salah satu cita-cita hidupnya adalah memadukan antara pemahaman Spiritual,Mistis,Metafisika dengan pemahaman Science seperti Ilmu Fisika,Kimia,Psikologi dan Ilmu Quantum.Yang selama masih dianggap bertentangan dan berbeda jauh.

Noeryanto A. Dhipuro menaruh minat yang sangat besar terhadap berbagai hal yang terkait dengan eksplorasi potensi dasar manusia, dimana hal ini membimbingnya untuk bersentuhan dengan beragam pengetahuan mengenai manusia & alam semesta, mulai dari Mind Programming, Hypnosis, NLP,Meditasi, Ilmu Beladiri sampai dengan Esoterism, dan Spirituality.

Dari pembelajaran yang ia tempuh, menghantarkan pada beberapa demensi pengetahuan yang berbeda.Sehingga sangat banyak karya para Guru-Guru serta tokoh dunia yang dipelajarinya,mulai dari Jalaludin Rumi,Yang Mulia Dalai Lama,Jiddu Khrisnamurti, Morihei Ueshiba ,Milton Erickson,Deepak Choppra,Raden Suryomentaram,Ronggo Warsito.Dan juga beberapa tokoh dunai lainnya. Secara resmi Noeryanto A. Dhipuro juga tercatat sebagai praktisi Neuro-Linguistic Programming yang bersertifikat Internasional dari lembaga yang diasuh langsung oleh Pencipta NLP Richard Bandler.Selain itu ia juga mengantongi sertifikat Souldrama dari The International Institute of Souldrama USA.

Dalam dunia hipnosis ia tercatat sebagai salah satu Instruktur hipnosis dari lembaga hipnosis terbesar di Indonesia yaitu Indonesia Board of  Hypnotherapy (IBH ).Selain dari IBH, ia juga menekuni salah aliran hipnosis yang terkenal di dunia yaitu Ericksonian hypnosis.Bahkan sekarang ia juga aktif mengajarkan kelas Conversational Hypnosis yang dipadukan dengan prinsip-prinsip  ilmu beladiri terutama Pencak Silat dan Aikido

noeryanto - perguruan silat bayu suciDalam kesehariannya Noeryanto A. Dhipuro aktif  dengan berbagai kegiatan. Mulai dari sebagai Trainer ,Healer,Pembicara dalam berbagai seminar pemberdayaan diri, ia juga aktif mengajarkan Silat dan Meditasi di berbagai daerah di Indonesia, seperti Bali,Surabaya, Malang,Jogjakarta,Medan dan juga Jakarta

Selain kesibukan sebagai pembicara publik dan juga di berbagai perusahaan serta instansi pemerintah ataupun swasta,ia juga sering berbagi pemahaman seputar agama dan budaya,kepada masyarakat luas.Kegiatan ini akhirnya mendorong Noeryanto A. Dhipuro untuk membentuk wadah pembelajaran resmi.Maka pada tanggal 09/09/2009 dibuatlah lembaga yang kini dikenal dengan nama Pesantren NLP Pasar Minggu.

Sebagai seorang Trainer dalam dunia permberdayaan,Noeryanto A. Dhipuro  telah mengajarkan berbagai pengetahuan kepada ribuan orang di Indonesia,baik yang di perkotaan ataupun pedesaan. Para alumninya terdiri dari berbagai kalangan strata dan profesi, mulai dari para Psikolog, Psikiater dan Dokter dari berbagai spesialisasi lainnya, Pebisnis, Politisi, Militer, para Trainer Pemberdayaan Diri & Motivator, Selebriti, sampai dengan para Penghusada & para Tokoh Spiritual.

 

pencak malioboro festival