Perlombaan “Festival Komposisi Gerak Pencak (SILAT PERFORMANCE)”

0

trophy pmf iii

Sebagai bagian dari PMF 2014, diadakan Perlombaan yang disebut “Festival Komposisi Gerak Pencak (SILAT PERFORMANCE)”. Dalam perlombaan ini peserta harus mewujudkan karya komposisi jurus-jurus pencak silat dan peragaan aplikasi jurus pencak silat yang diciptakan dalam satu paket pertunjukan yang menarik. Sebuah lomba memperebutkan satu penghargaan dari Sri Sultan HB X sebagai Penampilan Tim Terbaik, satu dari sponsor sebagai  Penampilan Tata gerak dan harmonisasi pencak terbaik, satu penghargaan dari sponsor sebagai  Penampilan keserasian tata kostum terbaik.

thropy 2

Perlombaan ini dapat diikuti oleh perguruan silat manapun, tanpa ada batasan usia dan gender. Satu tim paling banyak diikuti oleh sepuluh orang (di luar pengiring). Andaikata sebuah perguruan Silat sudah membentuk Tim kemudian ingin membentuk sebuah Tim Baru maka tim yang baru harus mengajak anggota dari perguruan silat lain. Karena kita menjunjung tinggi perbedaan, maka penilaian difokuskan pada komposisi gerak, Keindahan Tata Gerak Pencak,  Harmonisasi Gerak,   Kostum,  Keselarasan Musik. Bukan Jurus atau Ciri Khas Peguruan atau Aliran yg bukan dikuasai oleh JURI.

Karena perlombaan ini berkonsep pertunjukan, maka diperlukan iringan musik yang memadai. Peserta diharap untuk membawa musik sendiri / rekaman dengan syarat mengarah ke musik tradisional dan tidak boleh musik modern. Sedangkan untuk kostum, disarankan peserta berpijak pada tradisi masing-masing daerah yang akan diangkat / pakaian pencak silat beserta aksesoris yang sesuai dengan keperluan pertunjukan.

( kostum modern tidak diperbolehkan, misalnya kaos, memakai celana jeans dll ). Peserta dapat memperagakan komposisi gerakan tangan kosong atau menggunakan senjata khas pencak silat/tradisional (senjata modern tidak diperbolehkan, missal: pistol, nunchaku, dll). Durasi Pertunjukan dibatasi  5-7 menit, setelah itu tidak dinilai. Tetapi Juri memberikan kesempatan apabila gerak komposisi belum selesai peserta diberi kesempatan sampai menit ke-10. Apabila setelah 10 menit belum berhenti pihak panitia akan menghentikan langsung.

Waktu pelaksanaan 2 hari pada tanggal 30-31 Mei 2014, dimulai dari pukul 15.00  wib s/d 19.30 wib tiap harinya.  Selanjutnya dari pukul 20.00 wib s/d 23.00 wib akan dilanjutkan dengan acara Khaulan.

Untuk pendaftaran, dimulai dari 11 April – 5 Mei 2014 (selama kuota 30 peserta masih tersedia) kepada Atik Hidayah di nomor  08995472511.

Guna menjaga kemurnian penilaian maka Juri tidak boleh membackup perguruan / tim / group tertentu. Dewan Juri adalah mereka yang ditunjuk dan ditetapkan oleh penyelenggara. Terdiri dari para 2 orang pakar pencak silat, 1 orang pakar seni tari dan 1 orang pakar seni teater, yang dapat memberikan penilaian menurut keahliannya secara jujur dan obyektif. Keputusan juri adalah final dan dapat dipertanggungjawabkan. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.IMG_9989