Workshop “Komposisi Gerak dan Pembuatan Koreografi dalam Pertunjukan Silat”

0

Menuju Pencak Malioboro Festival III -2014 

workshop pmf iii

Salah satu  bagian dari pesta besar ,silaturahmi  tahunan para pesilat, Pencak Malioboro Festival III (PMF III) di tahun 2014,  adalah lomba “Festival Komposisi Gerak Pencak (SILAT PERFORMANCE)”, di kompleks Eks Pasar Ngasem, 30-31 Mei 2014. Sebuah program acara yang mendapat dukungan penuh dari Kanjeng Sinuhun Sri Sultan Hamengkubuwono X, yang dimanifestasikan dengan pemberian trophy penampilan terbaik atas nama beliau.

Sesuai dengan nafas PMF III, dimana  sebagai pesilat, bukan hanya piawai dalam hal jurus, tetapi juga bisa menunjukan keindahan silat sebagai warisan leluhur, dalam bentuk komposisi dan koreografi pencak silat. Untuk itu Paseduluran Angkringan Silat (PAS) dan Tangtungan Project mempersembahkan workshop pembuatan koreografi dan komposisi pencak, di Ruang Utama (Lt2) Balaikota Timoho, Yogyakarta, Minggu (13/4/2014).  Diikuti oleh 56 peserta dari 27 Perguruan Silat (PS) di DIY dan Jateng seperti Tapak Suci, Perisai Diri, Merpati Putih, Persinas Asad, Perpi Harimurti,Kerisnamurti Mataram, Setia Hati Teratai, Setia Hati Winongo, Pagar Nusa, Reti Ati, PSTD, KPSN, Krida Yudha Sinalika, Maenpo Cikalong, THS, Margaluyu Yogyakarta dan sebagainya. Bertindak selaku narasumber adalah Pesilat Whanny Dharmawan dari Budaya Indonesia Mataram (BIMA), yang juga seorang seniman teater dan tari kawakan dan ternama.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas pesilat. khususnya dalam hal komposisi dan koreografi gerak pencak sebagai seni. Seperti diketahui pencak silat mengandung beberapa aspek di antaranya self defense (beladiri),filosofi, seni budaya dan sport (olahraga prestasi),” ujar Whanny Darmawan.

Bagi para peserta sendiri, workshop yang berlangsung seru dalam suasana kekeluargaan ini memberikan benyak manfaat dan ilmu yang luar biasa. Selanjutnya, saat ini sampai 5 Mei 2014 telah dibuka untuk umum pendaftaran lomba (dibatasi hanya 30 peserta) “Festival Komposisi Gerak Pencak (SILAT PERFORMANCE)”.  Dalam perlombaan ini peserta harus mewujudkan karya komposisi jurus-jurus pencak silat dan peragaan aplikasi jurus pencak silat yang diciptakan dalam satu paket pertunjukan yang menarik. Sebuah lomba memperebutkan satu penghargaan dari Sri Sultan HB X sebagai Penampilan Tim Terbaik, satu dari sponsor sebagai  Penampilan Tata gerak dan harmonisasi pencak terbaik, satu penghargaan dari sponsor sebagai  Penampilan keserasian tata kostum terbaik.

Perlombaan ini dapat diikuti oleh perguruan silat manapun, tanpa ada batasan usia dan gender. Satu tim paling banyak diikuti oleh sepuluh orang (di luar pengiring). Andaikata sebuah perguruan Silat sudah membentuk Tim kemudian ingin membentuk sebuah Tim Baru maka tim yang baru harus mengajak anggota dari perguruan silat lain. Karena kita menjunjung tinggi perbedaan, maka penilaian difokuskan pada komposisi gerak, Keindahan Tata Gerak Pencak,  Harmonisasi Gerak,   Kostum,  Keselarasan Musik. Bukan Jurus atau Ciri Khas Peguruan atau Aliran yg bukan dikuasai oleh JURI.

Karena perlombaan ini berkonsep pertunjukan, maka diperlukan iringan musik yang memadai. Peserta diharap untuk membawa musik sendiri / rekaman dengan diharapkan mengarah ke musik tradisional walaupun boleh juga menggunakan musik modern. Sedangkan untuk kostum, disarankan peserta berpijak pada tradisi masing-masing daerah yang akan diangkat / pakaian pencak silat beserta aksesoris yang sesuai dengan keperluan pertunjukan. ( kostum modern tidak diperbolehkan, misalnya kaos, memakai celana jeans dll ). Peserta dapat memperagakan komposisi gerakan tangan kosong atau menggunakan senjata khas pencak silat/tradisional (senjata modern tidak diperbolehkan, misal: pistol, nunchaku, dll). Durasi Pertunjukan dibatasi  5-7 menit, setelah itu tidak dinilai. Tetapi Juri memberikan kesempatan apabila gerak komposisi belum selesai peserta diberi kesempatan sampai menit ke-10. Apabila setelah 10 menit belum berhenti pihak panitia akan menghentikan langsung.

workshop pmf iii f

workshop pmf iii d

workshop pmf iii cworkshop pmf iii b