Kunjungan Luke Holloway ke Padepokan Silat TMII

0

Selama dua hari yaitu hari Senin tgl 25 Februari 2013 dan Selasa 26 Februari 2013 lalu, kami dari beberapa aliran/perguruan silat tradisional menerima tamu dari luar negeri (Australia-UK). Tamu tersebut adalah Tim dari Raw Combat/Raw Silat Australia-UK yang dipimpin oleh Luke Halloway. Mereka datang dengan ditemani oleh Chico Wolf dan Andika Siagian dari Aikido-Red Wolf Libre Fighting-Fighting for Lives Indonesia. Tujuan dari kedatangan rombongan Luke Halloway adalah untuk kegiatan sosial (mengunjungi, memberikan bantuan untuk anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi) dan juga untuk MELIPUT dan MEMBUAT DOKUMENTASI SILAT INDONESIA, yang menurutnya  akan ditayangkan di media internet dan stasiun televisi di UK/Inggris.
Kedatangan rombongan Luke Halloway bukanlah untuk belajar atau berlatih, melainkan membuat liputan dokumentasi silat selama dua hari di Indonesia. Dalam penjelasannya, mereka mengatakan bahwa tujuan peliputan tersebut adalah untuk lebih mengenal silat di negeri asalnya, dan untuk mengetahui seperti apa silat yang berada di negeri asalnya, karena di negeri western sana, katanya ada aspek “yang hilang” dari silat yaitu mengenai budaya, tradisi dan sejarah filsafatnya. Menurut penuturan Luke Halloway, selama ini di negeri-negeri western, mereka hanya mendapatkan silat versi praktis, yakni hanya belajar aplikasi bagaimana cara memukul dan menangkis saja. Mereka juga ingin bertemu langsung dengan guru-guru dan praktisi silat di negeri asalnya silat.
Hari Pertama, Senin tanggal 25 Februari 2013, rombongan Luke meliput beberapa aliran/perguruan silat tradisional yang biasa mengadakan latihan di Padepokan Silat Taman Mini. Aliran/Perguruan yang diliput antara lain: Chakra V Surabaya (Madura), Gerak Gulung Budi Daya (Sunda), Seni Beladiri Bertongkat Ujungan Macan Ngawahan (Sunda), Sanggar Terazam /Betawi (manampilkan Maen Pukulan Tiga Manis dan Silat Bandrong, juga Seni Buka Palang Pintu), Silat Si Bunder (Betawi). Yang memperagakan antara lain: Mas Mochamad Amien (founder Chakra V Combat Silat System), Kang Awang (Rakawira GGBD), Galih Iman (Ujungan Macan Ngawahan), Hudzaifah Al-Jihaadd (Silat Si Bunder), dan tim dari Sanggar Terazam pimpinan Bang Mad Khobbab.
Pada hari pertama ini liputan yang dilakukan adalah wawancara dengan guru-guru/praktisi yang mewakili alirannya, kemudian dilanjut dengan peragaan jurus dari masing-masing aliran, aplikasi dari jurus-jurus. Aplikasi jurus dilakukan dengan partner dari salah seorang tim Luke Halloway, kemudian orang tersebut menceritakan pengalamannya “merasakan” teknik-teknik aplikasi tersebut.

Acara hari pertama ini ditutup dengan “ngeriung” makan bersama antara praktisi silat yg hadir dan juga dari Tim Luke Halloway.
Di sela-sela acara beberapa kawan pesilat (Galih iman, Sunny Cdk/Fajar alias Gendut Utomo, M. Prasodjo) mendemonstrasikan dan menjelaskan teknik-teknik halusan pada salah seorang kru dari tim Luke Halloway, untuk tujuan sharing tanpa direkam.

Hari kedua, Selasa tanggal 26 Februari 2013, acara peliputan dilaksanakan di Mesjid Al Makmur, Tenabang. Acara melibatkan perguruan-perguruan/aliran-aliran yang tergabung dalam SIKUMBANG. Untuk acara hari ini dikoordinir oleh bang Roni Adi.
Perguruan-Perguruan/aliran-aliran yang tampil umumnya berasal dari rumpun: Rahmat, Sabeni, Cingkrik dan dari Kung Fu/Kunthauw Bang Dayat. Di Tenabang ini, di akhir acara peliputan, Luke Halloway dan salah satu kru nya didaulat juga untuk menampilkan Silat ataupun beladiri versi mereka.

Di Tenabang yang turun hampir seluruh perguruan yang tergabung di Sikumbang Tenabang. Dari aliran Sabeni : Taufik Hidayat – Sabet Tenabang (kombinasi Sabeni – Rahmat), Jaka & bang Komeng – Sikelabang, anak buahnye bang Ramdani – Sabeni Cing Mus. Dari aliran Rachmat : bang Topik Burung cs – SEBBET, Ijul – Siberat, anak buahnye bang Romli – Sibetok. Dari aliran Cingkrik : Agung cs – Bseat (Cingkrik Goning), Tarman Surya -Permata Sakti (kombinasi Cingkrik & Gerak Stroom), Anas & Ichsan – ISBAT (Cingkrik Kong Sinan), Riyan – Sikelabang (Kungfu Hua Juen – Bang Dayat). Format acara dalam bentuk : (1) wawancara dgn guru-guru yg mewakili aliran Rahmat : bang Topik Burung, aliran Sabeni : bang H. Holid – Gibas, aliran Cingkrik : Agung – Bseat, Anas – ISBAT & Tarman – Permata Sakti. (2) Peragaan jurus oleh masing2 perguruan. (3) Buka buah dikit-dikit. (4) Palang pintu dari SEBBET & B-Seat. (5) ngeriung makan nasi goreng kambing bang Amri

 

[nggallery id=20]