Berlatih Bersama Alam di Cibodas

0

Berlatih di AlamSemalam saya baru pulang dari sebuah latihan di sebuah lereng gunung. Ngak seekstrim yang dibayangkan karena ini sebetulnya adalah sebuah lokasi kemping keluarga. Saya memang datang kesana untuk kemping bersama keluarga sambil ingin berlatih disana.

Lokasinya di Cibodas, tepatnya di Mandalawangi, Taman Nasional Gunung Gede. Dilokasi ini segala fasilitas untuk kemping sudah tersedia. Warung juga ada, toilet juga ada. Jadi sebagian bisa dibilang seperti pindah rumah saja. Tapi bagi anak-anak tentu saja merupakan area bermain yang menyenangkan. Bermain di sungai, bermain dengan perahu di danau kecil yang berada disana, api unggun dan lain sebagainya.

Lalu apa hubungannya dengan silat ? Tentu ada. Karena selama disana setiap kesempatan, terutama malam hari saya habiskan dengan berlatih silat Gerak Gulung Budi Daya. Apalagi di lokasi ini terdapat lapangan dan juga sungai yang memiliki arus lumayan, apalagi kalau mau menyusuri sungainya dulu sedikit keatas, hempasan arusnya jelas tidak main-main untuk ukuran anak-anak. Dari kedalaman hanya sebetis kaki saya (ngak tau deh berapa centi soalnya gak bawa meteran), hingga posisi dimana saya bisa berdiri dengan memasang kuda-kuda sementara air menghempas ke dada atas.

Hanya saja memang untuk bergerak di dalam air di area yang saya pilih ini agak sulit karena landasan kakinya adalah bebatuan sehingga untuk melangkah agak susah ditambah lagi hempasan gelombang air yang cukup kuat.

Dalam sebuah rombongan kecil, bagi mereka yang membutuhkan latihan ditempat ini cukup bisa di rekomendasikan. Bagi rombongan besar, asal jumlah pengawasnya cukup bisa juga direkomendasikan. Lapangan cukup besar tersedia kalau mau berlompat-lompatan disana dalam jumlah rombongan yang cukup banyak.

Karena kondisinya (pakai acara senter mendadak meninggal dunia), saya batal mencoba berlatih di curug (air terjun) dan akhirnya hanya berlatih di sungainya saja di bawah remang-remang senter cadangan bertenaga 1 buah baterai.

Berlatih di alam menghasilkan rasa yang berbeda dibandingkan dengan latihan sehari-hari di tempat latihan. Perasaan dekat dengan alam dan suasananya menyebabkan pendekatan terhadap latihan pun terasa berbeda. Disamping juga bisa sekalian menghilangkan stress setelah begitu sering melihat padatnya kota.

Saking asiknya disana, saya sampai lupa membuat foto-foto lokasi. Tapi akan mudah kok menemukannya dengan menggunakan search engine dengan keyword “mandalawangi kemping”.

Jadi hiburan keluarga terpenuhi, sementera bapaknya bisa tetap latihan. Dan di siang hari, anak saya ikut berlatih.

Siapa bilang berlatih silat tidak bisa sambil liburan ???