Pakdhe Kardi

1

“Siapa sih bapak itu ?”, tanpa sadar seseorang di sampingku berdesis ketika melihat seorang bapak tua memperagakan jurus – jurusnya dengan bertenaga penuh semangat, seakan usia tua tidak mempengaruhinya.

Meloncat ke segala arah, memukul dan menendang dengan cepat dan tajam, Pakdhe Kardi biasa beliau di panggil. Seumur hidup Pakdhe Kardi didedikasikan kepada perguruannya BIMA, Budaya Indonesia Mataram. Dari kecil hingga usia lanjut sekarang ini, Pakdhe Kardi tidak pernah sekalipun meninggalkan pencak silat, setiap hari setiap detik hidupnya hanya untuk pencak silat. Tidak pernah sekalipun Pakdhe Kardi juga mempelajari hal lain kecuali apa yang di ajarkan oleh perguruannya.

Berlatih di bawah bimbingan Pakdhe Kardi benar – benar berlatih dengan seorang pendekar, murid – muridnya benar – benar tertempa dengan kuat karena selalu di latih dengan keras. Kecepatan dan kekuatan pukulan Pakdhe Kardi hanya sedikit yang bisa menanding.

Semangatnya dalam melestarikan pencak silat selalu menjadi contoh untuk kami di Paseduluran Angkringan Silat. Setiap ada event sekecil apapun Pakdhe Kardi selalu hadir dengan penuh semangat dan tidak bosan – bosan memberikan petuah dan dorongan agar kami tetap selalu konsisten dalam perjuangan kami pelestarikan dan mempromosikan pencak silat.

Tak segan – segan Pakdhe Kardi selalu beraksi mencontohkan kepada kami bahwa pencak silat juga mengajarkan budi luhur, beliau selalu berjalan menjalin silaturahmi dari satu perguruan ke perguruan lainnya, bahkan kepada generasi muda pun Pakdhe Kardi tidak pernah sungkan untuk tiba – tiba datang sekedar hanya untuk menjalin sambung rasa.

Satu kata yang tak pernah terlupakan dari Pakdhe Kardi kepadaku adalah

“Mas Arif ayo kita foto bareng, biar nanti ada kenang – kenangan kalau Pakdhe sudah ndak ada nanti ”

Sebuah bentuk perhatian Orang Tua dan harapan agar generasi muda dapat meneruskan melestarikan warisan budaya ini, tidak pandang bulu, murid atau bukan, Budaya Nusantara ini adalah tanggung jawab semua orang untuk mempertahankannya.

 

This slideshow requires JavaScript.