Balati Patikaman

0

Apakah itu Balati Patikaman yang dibawakan dalam Roadshow “Balati Patikaman” yang diadakan oleh Tangtungan Project bekerjasama dengan Pukulan Patikaman dibawah pimpinan Guru Demank Ahmed ?

Berikut uraian Guru Demank Ahmed mengenai Balati Patikaman :

 

Dalam pertarungan balati hal-hal yang penting diketahui adalah langkah dan blocking yg tepat agar kita tetap selamat dalam bertahan maupun menyerang,atau paling tidak agar kita bisa meminimalkan cedera.

Saat pertarungan berlangsung. menurut Pukulan Patikaman, beladiri tradisional borneo adalah salah satu beladiri yg memiliki teknik-teknik solid dalam terapan, sehingga sangat patut untuk mempelajari opsi-opsi yang dimilikinya.

Kita tidak perlu belajar untuk membunuh menggunakan belati karena anak kecil yg lugu pun mampu melakukannya, inilah mengapa sangat berbahayanya senjata tajam, satu hentakan kecil saja kedada seseorang bisa tewas seketka.

Untuk itu pada hakikatnya ketika kita belajar balati fighting kita belajar bagaimana meminimalkan cedera dan meningkatkan peluang hidup/selamat lebih tinggi dengan mempelajari prinsip-prisip utamanya.

Teknik Balati fighting Pukulan Patikaman didominasi gaya orang Hulu Sungai yakni kandangan Kalimatan Selatan. Dari zaman dahulu hingga sekarang orang kandangan memiliki image yg sangat dekat dengan balati. Image ini tersebar hampir diseluru kalimantan. karena membawa balati dipinggang adalah adat tradisi yang dijalankan,bahkan dianjurkan orang tua. apalagi setiap pertarungan yang terjadi di Kalimantan didominasi dengan senjata tajam, tentu saja hal ini mempengaruhi mentalitas dan gaya bertarung orang kalimantan.

 

Pada kesempatn Roadshow Ba;ati Patikaman, Pukulan Patikaman akan mencoba membuka tentang prinsip-prinsp dan teknisnya sesuai sudut pandang beladiri tradisional Borneo yakni Silat Kuntau Borneo. Kita akan menampilkan opsi-opsi teknis dari beberapa aliran yang ada di Borneo. Menurut kami ini sangat penting untuk menambah pembendaharaan para praktisi, karena semakin banyak opsi menambah referensi srategi kita dalm pertarungan yang diharapkan akan meningkatkan peluang hdup/selamt yang lebih tinggi saat kita berada diposisi hidup dan mati dalam pertarungan BALATI FIGHTING