Liputan SIKUMBANG dan SIKELABANG Tanah Abang

0

Rabu, 31 Agustus 2016 kami mendampingi teman – teman dari Sikumbang Tenabang yang sedang diliput sebuah Stasiun TV untuk segmen komunitas budaya. Ketika pertama kali dihubungi Stasiun TV tersebut yang memohon untuk mengadakan liputan latihan perguruan pencak silat, kami langsung teringat kepada Bang Roni Adi dan teman – teman di Sikumbang Tenabang. Penampilan mereka di acara Pencak 4 Jam Malioboro sangat baik sekali dan membuat kagum penonton saat itu, sehingga kami berpikiran akan sangat bagus sekali apabila bisa dikenal lebih luas lagi.

Liputan berlokasi di Masjid Al Makmur Tanah Abang, salah satu Masjid tertua yang juga adalah tempat latihan SIKELABANG, sebuah perguruan silat yang didirikan oleh Bang Anang, salah seorang Jago Tanah Abang.

Dalam liputan tersebut Bang Anang beserta murid muridnya memperlihatkan jurus serta teknik Aliran Rahmat, sebuah aliran khas Tanah Abang yang menjadi dasar kurikulum Perguruan SIKELABANG. Berbagai simulasi pertempuran tangan kosong maupun menggunakan senjata pisau diperlihatkan dengan sangat luar biasa malam itu.

Selesai liputan kami tidak langsung pulang, seperti biasa silaturahmi tidak akan sempurna tanpa ada kongkow dan ngobrol bareng. Pada kesempatan ini kami sangat beruntung diperbolehkan untuk mendokumentasikan sejarah dan jurus Aliran Sendeng Maling, sebuah aliran yang menjadi pegangan Bang Anang. Aliran sendeng ini adalah pegangan para jago terbaik Tanah Abang, sangat tertutup dan sangat selektif dalam menerima murid. Bang Anang menjelaskan bahwa Sendeng bukanlah jurus tapi adalah sebuah sistem pertarungan.

Tak kurang keberuntungan kami malam itu, kami juga diperkenalkan kepada murid terakhir salah satu aliran yang tidak terbuka dan banyak orang tahu di Tanah Abang, kami kemudian memohon ijin untuk dapat mendokumentasikan aliran ini.

Terima kasih banyak kepada Bang Roni dan teman – teman Sikumbang Tenabang serta Bang Anang beserta Perguruan SIKELABANG yang telah menerima kami dengan penuh rasa kekeluargaan, bersama sajian sop kambing khas Tanah Abang yang telah mengawali Silaturahmi kami di Tanah Abang malam itu semua sangat berkesan.

Terima Kasih Banyak juga Mbak Cathy beserta kru Berita Satu yang telah ikut dalam usaha mempromosikan Pencak Silat.

Nantikan dokumentasi kami dalam perjalanan menelusuri Aliran – aliran pencak silat di Tanah Abang dan daerah lainnya.

Salam Pencak, Salam Budaya