Wisata Pencak Nusantara 2015 Sebagai Bagian dari Jambore PencakSilat/PMF 4-2015

0

Wisata Pencak Nusantara (2)

“Sebagai bentuk dukungan saya adalah usulan  dan harapan agar nanti di tahun ke-5 ada Jambore Pencak Silat Nusantara di Yogyakarta,” tandas Sri Sultan Hamengkubuwono X saat menerima panitia PMF beberapa tahun yang lalu. Yosi Pudiono dan teman teman Tangtungan dan PAS pun sudah menggagas hal yang sama hingga gayungpun bersambut. Dan Kini, harapan tersebut bisa diwujudkan lebih cepat, yaitu di tahun ke empat dari PMF, 2015 nanti.

Arti kata JAMBORE bisa dilihat dari berbagai sumber, Jambo yang  berarti salam, dalam bahasa Swahili. Di dalam suku Aborigin, Jambo jugamemilikiartikeduayaitukeributan, bising atau KEBERSAMAAN PADA MALAM HARI. Secara etimologi kita dapat menggunakan pengertian ini untuk memahami kata Jambore yang diharapkan untuk terwujud sejak awal terselenggaranya PMF ini.  Meski bermakna berkumpul, bertemu, bersama-sama, di mana banyak anak muda merasa kegembiraan dengan serangkaian kegiatan, pengalaman, dan hiburan dalam satu tempat yang sama,  namun kegiatan Jambore umumnya mengacu pada kegiatan perkemahan atau jika diterjemahkan dalam Bahasa Inggris menjadi Camp.Tentu saja berkemah bersama lebih dari 6000 pesilat di Yogyakarta,dengan keterbatasan yang dimiliki panitia sedikit menyulitkan.  Tim Tangtungandan PAS pun kemudianmengolahberbagai ide liar ini. Dikemas sesuai dengan keputusan DinasPariwisata yang menjadikan PMF sebagai event WisataTahunan,  makamunculah ide JamborePencakSilat /PMF 4-2014 dengan salah satu rangkaiannya Wisata Pencak Nusantara yang akan digelar 28 -31 Mei 2015.

Sesuaidengan kata etimologi jambore, WisataPencak Nusantara 2015 adalah ajang berkumpulnya para pesilat di satutempat yang sama untuk menyatu dengan alam dan bersama sama belajar tentang pencak silat Nusantara daribeberapa Guru yang terpilih. Disini Guru yang tahun ini terpilih adalah Kang Awang dari silat Padjajaran Sunda Gerak Gulung Budidaya, Mas Noeryanto seorang ahli NLP yang juga Guru dari Bayusuci yang merupakan campuran antara gayaMakasar dan jawatimur serta Mas Atok Sugiharto dari KrisnaMurti Mataram aliran Tejokusuman  Yogyakarta. Selain itu sebaga iajang event wisata, maka disini juga dipersembahkan pertunjukan budaya, pembelajaran seni jemparingan gaya Mataram dan gamelan serta lintas alam di daerahGunung Merapi yang  Asri.

Sebuah perjalanan wisata silat, spiritual yang indah dan menyegarkan  di OmahPetruk Villa yang dilanjutkan dengan berkumpul bersama ribuan pesilat dariseluruh dunia di ajang PMF 4-2015 akan menjadi sebuah pengalaman yang takterlupakan.

Diselenggarakan :

28-31 Mei 2015

Tempat :OmahPetruk Villa,KarangKlathak Yogyakarta Indonesia

Terletak di kaki GunungMerapi , OmahPetruk begitu indah serta sangat tepat menjadi tempatmenyatu dengan alam. Meskipun demikian, tempat ini hanya 15 menit dari kota Yogyakarta yang merupakan kota budaya yang tersohor.

 

Kelas silat akan diselenggarakan di tempat terbuka, menyatu dengan alam PegununganMerapi

Silatclasses will be held in the open-air outdoor and blending with nature of Merapi Mountain.

Harga

$400Nett

Harga tersebut termasuk:

  • Kelas silat dan budaya yang disebutkan diatas
  • Akomodasi 3 malam di OmahPetrukKarangKlethakKaliurang Yogyakarta
  • MakanPagi, makansiang dan makanmalam (special traditional food from Nusantara)
  • Jelajah Alam
  • Menjadibagiandari Pencak Malioboro Festival 2015 bersamalebihdari 6000 Pesilat di Malioboro, Yogyakarta Indonesia
  • Airport transfer kedandaripenginapanjugadisediakanjikapesertadatang di tanggal 28 – 31 Mei 2015.

 

 

Contact :              pmf@tangtungan.com or visit www.tangtungan.com for more details!