Demo Silat Merpati Putih Dalam Rangka Asia Africa Friendship Day

1

Merpati Putih - Asia Afrika

Sebagian demo Merpati Putih Cabang Bandung pada hari Minggu 21 April 2013, dalam rangka Asia Africa Friendship Day, 58 tahun KAA (Konferensi Asia-Afrika). Dihadiri perwakilan negara-negara Asia Afrika. Demo yang mengundang banyak decak kagum para perwakilan negara-negara Asia Afrika. Ini adalah pematahan es balok terbanyak kedua (14 buah) yang dilakukan oleh mas Eldiansyah M Thariq (Merpati Putih Bandung) setelah legenda pematahan es balok tertinggi pertama dicapai oleh senior Merpati Putih mas Ipung Tokyo dengan 25 buah es balok.

 

 

Merpati Putih - Asia Afrika

Selain pertunjukan power untuk pematahan benda keras, Merpati Putih Cabang Bandung juga menyuguhkan tata gerak Merpati Putih yang juga disertai dengan senjata (tongkat dan golok). Setelah itu ditutup dengan peragaan ilmu getaran Merpati Putih untuk tutup mata. Pesilat matanya ditutup berlapis-lapis. Kemudian pesilat harus bisa berjalan melewati halang rintang, lalu melakukan deteksi obyek (besi dragon untuk dipatahkan, bendera negara yang sedang dikibarkan, dan KTP penonton untuk dibaca), kemudian deteksi jarak (tidak meraba-raba, tapi harus tepat dan PAS). Konsep dasar getaran tutup mata di Merpati Putih adalah mengembangkan kepekaan dengan latihan rasa sedemikian rupa sehingga tubuh punya kemampuan untuk merasakan entitas yang ada disekelilingnya, jauh maupun dekat, kasaran maupun halusan.

Rasa pada manusia, bisa dipecah sedemikian rupa menjadi berbagai macam aplikasi sesuai dengan karakteristik silatnya. Sehingga menjadi kelebihan pada masing-masing aliran silat yang ada. Sungguh hebat kearifan lokal para leluhur silat kita.

Meskipun menjelang acara sempat turun hujan lebat, akan tetapi pada saat peragaan dari Merpati Putih ini hujan berhenti. Dan kembali lebat setelah acara peragaan selesai.

Saya hanya ingin mengatakan, bahwa SILAT di INDONESIA itu lengkap. Halusan, kasaran, kulit, inti, keindahan jurus, kembangnya, buahnya, kekuatannya, kelenturannya, keluwesannya, kebijaksanaannya, pukulannya, tendangannya, kunciannya, bantingannya, dan sebagainya. Indonesia memiliki keragaman budaya istimewa yang luar biasa.

Sangatlah rugi sebagai bangsa Indonesia tidak mau belajar silat yang penuh dengan hal-hal luhur. Semoga lebih banyak lagi masyarakat Indonesia mau yang belajar silat.

 

Merpati Putih - Asia AfrikaMerpati Putih - Asia Afrika Merpati Putih - Asia AfrikaMerpati Putih - Asia Afrika

 

 

 

 

 

@foto oleh Adink dan Mas Gunggung

Tulisan oleh Mas Gunggung