Perguruan Silat Inti Ombak

0

[singlepic id=114 w=320 h=240 float=left]Perguruan Silat Inti Ombak adalah salah satu perguruan yang tergabung di dalam Paseduluran Angkringan Silat yang sangat maju perkembangannya. Sejak awal gagasan didirikannya Paseduluran Angkringan Silat, PS Inti Ombak selalu menjadi pendukung penuh Paseduluran Angkringan Silat. Di setiap acara – acara yang di adakan oleh Paseduluran Angkringan Silat Bregodo Inti Ombak selalu aktif berpartisipasi dengan penuh semangat.

PS Inti Ombak yang didirikan pada 05/05/2005 oleh Guru Agung DR Sigit Cahyana, Guru Besar Daniel Prasetya, serta Guru Anom Tjahjadi Tanudjaja ini Kantor pusatnya berada di Colorado, Amerika Serikat, sedangkan padepokannya berada di Yogyakarta. Hal ini terjadi karena ternyata saat dibawa oleh Guru Besar Daniel Prasetya ke luar negeri, Colorado, peminat terhadap perguruan ini membludak, sangat kontras dengan keadaan perguruan ini di Indonesia dimana peminatnya sangat sedikit, bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada.

Sesuai dengan namanya, logo perguruan ini adalah ombak, melambangkan gelombang yang selalu bergerak, seperti manusia yang juga selalu bergerak dan bergejolak. Inti dari logo ini adalah “Menep”, bagaimana manusia dalam setiap pergerakan dan gejolak hidupnya dapat menguasai dan mengendalikan dirinya. Ciri khas lain dari logo PS Inti Ombak adalah Burung Camar karena pada awalnya Ilmu yang di ajarkan di PS Inti Ombak adalah perpaduan dari pencak Madura dan pencak Mataraman.

Penyebaran perguruan silat ini lebih banyak di luar negeri, yang terbesar adalah di Amerika Serikat; Colorado, Illinois, Los Angeles, Hawaii. Selain itu PS Inti Ombak juga ada di Afrika, Australia dan New Zealand, selain tentu saja di Indonesia.

[singlepic id=115 w=320 h=240 float=right]

PS Inti Ombak secara lembaga berdiri di bawah naungan Yayasan Pusaka Sakti Mataram Laku Utama, sebuah yayasan yang bertujuan untuk mempromosikan budaya Indonesia. Berbagai macam hal yang berada di bawah naungan yayasan tersebut seperti pengobatan, pendidikan mental spitritual, tari – tarian tradisional dan masih banyak lagi. Sedangkan PS Inti Ombak adalah yang menitik beratkan pada promosi dan pengembangan pencak silat.

Sistem pelatihan di Luar negeri dan di Indonesia mengadopsi sistem yang sedikit berbeda. Apabila di Indonesia sistemnya reguler sementara diluar negeri porsi terbesar adalah seminar – seminar dan workshop. Seminar ini diadakan hampir tiap bulan dan berpindah – pindah ke berbagai negara. Materi yang diberikan dalam seminar – seminar tersebut tidak senata hanya jurus saja, tapi juga berbagai macam pengetahuan seperti teknik pengobatan juga dipaparkan.

Yang sangat menarik adalah sistem tingkatan yang di tunjukkan oleh baju seragam. Setiap warna baju menunjukkan tingkatan masing – masing pemakainya dalam PS Inti Ombak. Dalam pawai pencak tradisi 2012 di Malioboro, yogyakarta kemarin tampak barisan Inti ombak sangat meriah dengan baju dan penampilannya yang sangat unik.

Para pemangku perguruan PS Inti Ombak juga selalu sadar pentingnya penggunaan teknologi bagi kemajuan perguruan mereka. Setiap hari Sabtu malam, mereka selalu mengadakan latihan bersama berbagai cabang perguruan dengan menggunakan teknologi teleconference. Sehingga setiap kemajuan dapat selalu cepat terupdate kepada semua cabang latihan..

Sampai saat ini PS Inti Ombak masih belum terdaftar di IPSI, dan memilih untuk bergerak sebagai sebuah perguruan pencak tradisional dikarenakan sejak awal berdirinya bersama Yayasan Pusaka Sakti Mataram Laku Utama ditujukan untuk memperkenalkan budaya dan tradisi Nusantara.

PS Inti Ombak di Pawai Silat Tradisi, Malioboro 2012